Halaman

Kamis, 26 Desember 2013

Gion Matsuri


祇園

Gion Matsuri (祇園祭) adalah festival tahunan yang diadakan di Kyoto selama satu bulan penuh di bulan Juli. Perayaan dimulai pada tanggal 1 Juli sampai tanggal 30 Juli. Puncak-puncak perayaan Gion Matsuri berupa:
Yoiyoiyama (malam sebelum Yoiyama, 15 Juli)
Yoiyama (malam sebelum prosesi, 16 Juli)
Yamaboko-junkō (prosesi Yamaboko, 17 Juli).

Yamaboko adalah istilah untuk Yama dan Hoko. Yama adalah kendaraan beroda besar dari kayu dengan hiasan megah dan ditarik oleh banyak orang. Hiasan kendaraan pada Yama berupa benda-benda keagamaan dan benda-benda seni seperti karpet. Masing-masing Yama mempunyai tema yang biasanya merupakan cerita dongeng yang berasal dari Tiongkok.
Hoko adalah jenis Yama dengan menara menjulang tinggi yang di ujung paling atasnya terdapat hoko (katana dengan mata di dua sisi) walaupun ada juga Hoko yang tidak bermenara. Hoko juga dijadikan panggung untuk kelompok orang berpakaian Yukata yang terdiri dari pemain musik Gionbayashi dan peserta yang berkesempatan naik karena memenangkan undian hasil membeli Chimaki atau Gofu (semacam jimat). Musik Gionbayashi yang menurut telinga orang Jepang berbunyi "Kon-chi-ki-chin" baru menjadi tradisi Gion Matsuri pada zaman Edo.
  • 1 Juli Kippu iri (ritual yang menandai dimulainya Gion Matsuri).
  • 2 Juli Kujitori shiki (upacara penarikan undian)
Urutan prosesi Yamaboko dilakukan melalui undian di balai kota. Prosesi dibagi menjadi dua kelompok. Pada prosesi kelompok I, Naginataboko selalu diberi urutan nomor 1 sebagai pembuka jalan, Kankokuboko di urutan nomor 5, Hōkaboko di urutan nomor 21, Iwatoyama di urutan nomor 22, dan Funaboko di urutan nomor 23 (urutan terakhir). Pada prosesi kelompok II, Kita Kannonyama selalu mendapat kesempatan pertama, diikuti oleh Hashibenkeiyama, dan Minami Kannonyama.
  • 10 Juli Mikoshi arai
Di malam hari pada pukul 20:00 dilakukan pencucian Mikoshi (tandu dewa Shinto) di sungai Kamo dengan penerangan obor.
  • 10-13 Juli Perakitan Yama dan Hoko
  • 14 Juli Yoiyoiyoiyama
Yama dan Hoko dipamerkan di lokasi masing-masing dengan dihiasi puluhan lampion. Pameran barang-barang bernilai budaya tinggi diadakan di rumah-rumah keluarga pengusaha yang berpengaruh. Pasar kaget yang menyediakan berbagai macam makanan, minuman dan permainan meramaikan pusat kota Kyoto yang untuk sementara dikhususkan untuk pejalan kaki.
  • 15 Juli Yoiyoiyama
Malam kedua pameran Yamaboko dan Byōbu Matsuri
  • 16 Juli Yoiyama
Malam terakhir pameran Yamaboko dan Byōbu Matsuri
  • 17 Juli
Puncak perayaan Gion Matsuri yang disebut prosesi Yamaboko-junkō dimulai pukul 09:00 pagi. Yama dan Hoko ditarik oleh banyak orang di depan puluhan ribu penonton dengan tujuan untuk menyucikan kota.
  • 17 Juli Jinkōsai (prosesi Mikoshi) 
Dimulai pukul 17:00 sampai 21:00. Kami (dewa) dari kuil Yasaka diusung dengan menggunakan tiga buah Mikoshi (Higashigoza, Nakagoza, dan Nishigoza) dengan melewati rumah-rumah pengikut kuil Yasaka menuju tujuan perjalanan (O-tabisho) yang terdapat di Shijō Teramachi dan menginap selama 7 malam di sana. O-tabisho yang digunakan sekarang ini adalah tempat yang dihadiahkan istana kaisar pada tahun 974.
  • 24 Juli Hanagasa-junkō (prosesi Hanagasa yang merupakan pengganti Ato Matsuri)
  • 24 Juli Kankōsai (prosesi Mikoshi)
Kami dan Mikoshi kembali ke kuil Yasaka dengan melewati rumah-rumah pengikut kuil Yasaka.
  • 28 Juli Mikoshi arai (pencucian Mikoshi)
  • 30 Juli Akhir perayaan Gion Matsuri yang disebut Nagoshimatsuri di kuil Eki

Tradisi:
Chimaki
Chimaki adalah kue dari tepung beras ketan dibungkus daun bambu yang berfungsi sebagai penolak bala yang digantung di genteng nok pintu masuk rumah di Jepang. Chimaki banyak dijual di dekat diparkirnya Yama selama perayaan Gion Matsuri.
Tari Sagimai
Tari Sagimai (tari burung Kuntul) merupakan tari persembahan untuk para dewa yang diselenggarakan di kuil Yasaka pada malam Yoiyama, 17 Juli, dan 24 Juli. Penari terdiri dari dua orang yang mengenakan pakaian putih bersayap dari kain sutra dan berperan sebagai burung Kuntul jantan dan betina. Penyelenggaraan tari Sagimai dibiayai oleh pengikut kuil Yasaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar